Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CUKUP SIAPKAN 3 POINT, lembaga LPQ, DINIYAH 15 Menit LANGSUNG Punya Akun EMIS

 

Salmawa.com cara pendaftaran operator emis Taman Pendidikan Alquran, Madin, Pondok Pesantren. Saat ini untuk melakukan entry data lembaga pendidikan keagamaan islam adalah dengan cara online. Adapun lembaga yang berada dibawah PD Pontren/PAKIS yang berkewajiban untuk setor data emis yaitu :

·         Lembaga Pendidikan Al Quran (TKQ, TPQ, LPQ)

·         Madrasah Diniyah Takmiliyah

·         Pondok Pesantren (Umum, Muadalah, PPS Wajar Dikdas, Pendidikan Diniyah Formal)

Dengan adanya perubahan dari aplikasi desktop menjadi entry online pada Education Managemen Information System, menjadikan lembaga harus berusaha sebaik mungkin dalam melakukan entry data baik lembaga, PTK, maupun santri. Dengan melakukan entry data EMIS maka lembaga menjadi diakui keberadaannya oleh Kementerian Agama dan berhak mendapatkan pelayanan dari Kementerian Agama.

Berkas yang harus disiapkan dalam pendaftaran EMIS

Salah satu syarat mutlak bisa memasukkan data emis oleh operator lembaga adalah diverifikasinya email sebagai akun log in oleh operator Kementerian Agama. Dengan kepemilikan ID dan password log in maka lembaga bisa menambahkan informasi yang diminta dalam kolom sedetail mungkin. Untuk mendaftarkan akun sebagai ID log in data emis lembaga, maka yang perlu dipersiapan adalah sebagai berikut :

·         Buku catatan dan bollpoints

·         Laptop/komputer/handphone

·         Sambungan internet

·         Email yang masih aktif beserta password

·         Mengetahui Nomor Statistik Lembaga

·         SK operator EMIS berbentuk PDF maksimal berukuran 200 kilobyte

·         NIK Operator

·         Nomor telfon Koordinator Kecamatan / operator kabupaten

 

 

Setelah kelengkapan diatas sudah siap, selanjutnya adalah melakukan pendaftaran via online di situs resmi kementerian agama yang membidangi data EMIS

Panduan daftar operator emis online Lembaga

Pastikan laptop atau telfon pintar anda tersambung dengan internet. Selanjutnya silakan buka situs https://emis.kemenag.go.id/login

 

Setelah anda klik link tersebut akan muncul seperti gambar berikut:

 


setelah itu daftar sekarang, kemudian 


pilih PD PONTREN

PENGELOLA LEMBAGA



Setelah itu Pilih LPQ

Masukkan nomor statistik yang 11 digit

setelah masuk nomor statistik tersebut, maka secara otomatis lembaga bapak ibu akan muncul secara otomatis pada kolom nama lembaga. ( nama lembaga muncul setelah lembaga di daftar di SIPDAR)