Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PONTREN MIFA NW KETANGGA Tetap Sinergi Dalam Kegiatan Pesantren

 

 


Akibat merebaknya virus corona di nusa tenggara barat semua pondok pesantren ditunda pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dipesantern demi terputusnya penyebaran virus tersebut.

Akibat ditundanya kegiatan belajar mengajar salah satu pondok pesantren dilombok timur kecamatan suela ikut mematuhi surat edaran bupati contohnya di Pondok pesantren miftahul faizin nw ketangga.

Pondok pesantren miftahul faizin nw ketangga menunda kembali kegiatan belajar mengajar termasuk melaksanakan pengajian sorenya. Dikarenakan sudah beredarnya surat resmi dari bupati ketua pondok dan kepala madrasah mengambil keputusan untuk meliburkan siswa siswi demi terputusnya penyebaran virus.


Pengajian sore yang sudah lama berlangsung kini ditunda dulu sementara menunggu keadaan sudah kondusip kembali.

Namun setelah dibahas kembali bersama para asatidz dan pembina kegiatan pesantren, yang ikut kegiatan khusus pesantren, dipindahkan kegiatannya kerumah masing masing pembina seperti tahfidz al qur’an dan pengajian kitab kuning,

Para santri yang ikut dalam kegiatan tersebut mengaji dimasing masing pembina dan itupun diberikan batasan para santri untuk ikut menerima ilmu dirumah pembina agar tidak terlalu banyak yang hadir.

Karena keputusan yang sudah ditetapkan oleh para asatidz bahwa yang hafal 5 juz akan digratiskan biaya pembangunan selam satu semester, dan jika berhasil hafal 10 juz akan diberikan dispensasi biaya pembangunan selama 1 tahun. Sebagai penghargaan kepada santri bahwa berhasil menghafal dengan sempurna.

Perogram ini alhamdulillah sudah berjalan sejak diadakannya program tahfidz dipesantren.

Dan bagi santri yang hafal dan bisa membaca kitab kuning sama penghargaan yang diberikan kepada para huffadz diatas. 


 

Untuk pembina tahfidz al qur’an diamanahkan kepada ustdz. Lalu muhammad ramli, QH.S.Pd.I

Karena beliau sudah khatam 30 juz dan mumtaz. Bagi para santri silahkan perkuat hafalan dengan terus murajaah setiap waktu. Karena tidak hanya penghargaan dunia saja yang didapat tetapi penghargaan akhirat wajib didapat, yaitu membangunkan istana kelak disurga untuk kedua orang tua kita.

untuk pengajian sorenya. 

bagi Madrasah Ibtidaiyah, 

yang enam rombel dibagi menjadi empat kelompok, kelompok satu dan dua dibina oleh ustz. lalu muhyin,QH. dan kelompok tiga dan empat dibina oleh ustz. Syahiril anwar, QH.S.Pd.I.

bagi Madrasah Tsanawiyah

 yang 10 rombel dibagi menjadi 3 kelompok satu dibina oleh ustz. suparman,QH.S.Pd.I. Kelompok dua dibina oleh Ustz.hardan, QH.S.Pd. dan kelompok tiga dibina oleh ustz. Samsul wahyi,QH.S.Pd. 

dan untuk madrasah aliyah

dibaggi sesuai kelasnya yang 9 kelas masing masing pembinanya. untuk kelas, X IPA.ust.riandani,QH,S.Pd, KELAS X IPS A.UST ANDI ASRORI,QH,S.Pd.I. KELAS X IPS B.UST. AZHARUDDIN,QH.S.Pd.I. KELAS XI IPA.UST KARYA ABADI,QH.S.Pd.I. KELAS XI IPS A.UST ANDI ASRORI,QH.S.Pd.I. KELAS XI IPS B UST LALU MUHAMMAD TAUFIQ,QH.S.Pd. KELAS XII IPA.LALU UNTUNG SENIMAN JAYA,QH.S.Pd.I.KELAS XII IPS A. UST. ASMAWI,QH.S.Sos. KELAS XII IPS B.UST HASBULLAH SALAM,QH.S.Pd.I

untuk perogram pesantrennya akan mualai kembali setelah dirapatkan kembali jika sudah ada ketentuan dari ketua yayasan dan masing masing kepala madrasah.