Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KHUTBAH JUM'AT BULAN RAJAB. SANGAT SINGKAT. CUMA 3 MENIT . 2024

 




Maasyiral muslimin rahimakumullah

tak terasa kita bertemu kembali dengan bulan rajab 1445, bagi kita yang bertemu kembali dengan bulan mulia ini, itu tandanya kita masih diberikan kesempatan untuk memperbaiki diri kita dengan di beri umur yang panjang oleh allah swt. Bagi keluarga kita yang tidak bertemu dengan bulan mulia ini, itu tandanya allah lebih menyayanginya sehingga di panggil duluan oleh allah swt

Maasyiral muslimin rahimakumullah

Bulan rajab adalah bulan yang sudah tidak asing lagi bagi kita tentang kemuliaan dan kehebatannya. Salah satunya adalah kemuliaan bersedekah di bulan mulia ini.

Karena jika kita bersedekah atau membantu saudara seiman kita dibulan mulia ini, allah akan memberikan kita istana kelak di akhirat sebagaimana hadits rasulallah saw.

Artinya: “Barang siapa yang melonggarkan satu beban kehidupan sesama saudara mu’min di bulan Rajab, Allah akan membangunkan istana untuknya di surga firdaus yang luasnya sejauh pandangan matanya. Karena itu, muliakanlah bulan Rajab, pasti Allah akan memuliakanmu dengan seribu kemuliaan. (H.R. Tirmidzi).”












dalam kitab Al-Ghunyah Li Thariq Al-Haq berbunyi :


 

 

 

Artinya : “Siapapun yang bersedekah di bulan Rajab, maka Allah pasti akan menjauhkannya dari api neraka sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua. Menurut sebagain pendapat, umur burung gagak mencapai limaratus tahun.” (Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani, Al-Ghunyah Li Thariq Al-Haq, Hal. 326)

Keutamaan sodakoh juga di jelaskan di dalam al-qur’an surah al-baqarah ayat: 271


 


Artinya: "Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Q.S. al-baqarah ayat: 271)