Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Narasi Singkat Rutinitas Ustz/Guru Ngaji, Bantuan Guru Ngaji Kemenag RI


 

NARASI SINGKAT RUTINITAS USTADZ

 

TPQ. Darul Faizin  Dasan embur adalah lembaga pendidikan Al-Qur’an yang didirikan pada tanggal 15 Januari tahun 1985, Lembaga ini terletak di dasan embur kampung muhajirin desa ketangga kecamatan suela Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Santri TPQ. Baiturrahim NW Bela Darul Faizin  Dasan embur berasal dari dusun-dusun/wilayah-wilayah yang berada di sekitar Dusun dasan lekong, di antaranya dasan embur, kampung muhajirin, dasan lekong, kampung pelita dan darul hijrah. Santri TPQ Darul Faizin  Dasan embur berjumlah sekitar 45 orang yang terdiri dari 25  orang perempuan dan 20 orang laki-laki. Santri tersebut terdiri dari berbagai jenjang, mulai dari usia TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.

TPQ. Darul Faizin  Dasan embur hingga tahun 2021 sudah menamatkan/mengkhatam kurang lebih 3.500 orang santri sejak berdirinya.

Dalam menjalankan rutinitas mengajar, para Asatidz/Asatidzah mengisi jadwal pelajaran sesuai dengan jadwal yang sudah ada dengan waktu mengajar sebanyak dua shift. Waktu Siang mulai pukul 14.00 wita hingga pukul 17.00 wita, dan kemudian dilanjutkan dengan shalat maghrib hingga shalat Isya atau sekitar pukul 20.30 wita.

Santri yang mengaji dibagi menjadi 3 kelompok/kelas. Tingkatan pertama untuk santri pemula atau santri yang mengaji metode Iqro’. Kelasnya di depan mimbar, Kemudian tingkatan kedua untuk santri menengah yaitu santri yang mengaji Juz ‘Amma.kelasnya di samping kanan mushalla  Dan selanjutnya tingkatan ketiga santri yang sudah mulai membaca Al-Qur’an 30 juz. Kelasnya di samping kiri mushalla.

Sebelum dan sesudah azan para santri diajarkan dan dibiasakan melksanakan shalat rawatib qobliyah dan b’diyah, jika ada santri yang belum melksanakan ba’diyah shalat isya’ maka santri tersebut belum diizinkan untuk pulang kerumah.

kegiatan sebelum shalat isya’ dilaksanakan setor hafalan yang sudah dihafal dari rumah dan disetorkan epada guru kelasnya.

Kegiatan subuh dilaksanakan pada saat selsai shalat subuh, menghafal juz amma dan bacaan shalat bagi yang masih belum bisa membaca al qur’an

 

Mengetahui,

Ketua pengurus

 

 

 

 

 

................................................

 

 

Post a Comment for "Contoh Narasi Singkat Rutinitas Ustz/Guru Ngaji, Bantuan Guru Ngaji Kemenag RI"