Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA Mendaftar UKMPPG Tahun 2020 Bagi Guru Madrasah & PAI

 

Assalamualaikum.wr.wb.

Salam hangat buat rekan rekan guru ruang lingkup kementerian agama yang pada saat ini masih belum sertifikasi dan masih menunggu setia dengan kedatangnya, semoga dipercepat oleh allah swt. amin.

Sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh KEMENTIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA, DIREKTORAT JENDRAL PENDIDIKAN ISLAM pada tanggal 30 november 2020, perihal ( UKMPPG bagi retaker guru madrasah dan guru PAI tahun 2020 )

Adapun cara mendaftar perihal diatas silahkan kunjungi link dibawah ini yang sudah disiapkan oleh kementerian pusat untuk mendaftar.

Alamat: http://ukmppg.kemdikbud.go.id:

Sebelum masuk ke link diatas, terlebih dahulu peserta memperhatikan dan mempersiapkan hal hal berikut agar peroses pendaftaran tidak ada kendala:

Pendaftaran UKMPPG priode 62020 ditujukan bagi mahasiswa PPG dalam lingkup kementerian agama dibuka mulai:  sabtu 5 desember 2020 sampai dengan rabu 09 desember 2020 pukul 12.00 WIB. Dalam pelaksanaan UMKPPG priode 62020 ( 12 s.d 13 desember  2020 ) lokasi dan waktu ujian pengetahuan telah diploting oleh pokja PPG kemenag menyesuaikan dengan domisili peserta.

Untuk melengkapi pendaftaran peserta harus menyiapkan dokumen (file) yang akan diunggah yaitu:

1.       Kartu identitas ( KTP/SIM )

2.       Pas foto terbaru dengan latar belakang merah

3.       Surat keterangan telah menyelssaikan studi pada PPG, atau surat sedang melaksanakan PPL PPG yang ditanda tangani oleh pimpinan LPTK

Selanjutnya alur pendaftaran uji pengetahuan (UP ):

       1.       Klik menu pendaftara, masuk kombinasi nomor peserta PPG dan tanggal lahir

       2.       Lengkapi isian biodata dan upload data yang dipersyaratkan     

       3 .    Konfirmasi kesedian lokasi dan waktu UP

       4.       Cetak formulir pendaftaran melalui enu cetak formulir 

Bagi peserta first taker yang akan mengikuti uji kinerja ( ukin ) agar memperhatikan dan mengikuti prosedur berikut:

         1.       Mengikuti briefing oleh penyelia pada tanggal 5 desember 2020 yang dikoordinasi oleh pengelola PPG masing masing LPTK

         2.       Mengisi portopolio dan mengunggah bukti yang terkait dengan portofolio tanggal 5-7 desember 2020 pada laman

         3.       Melakukan perekaman video pembelajaran selama 2 JP dan menegdit hingga durasi 30-40 menit pada rentang waktu 7 sampai 8 desember 2020

      4.       Mengunggah rencana pelaksanaan pembelajaran ( RPP ) dan rekaman video pelaksanaan pembelajaran (PP) dalam rentang waktu (7-9) desember 2020

 Salam sukses buat kita semua, mari kita didik generasi bangsa kita dan kita perhatikan kemakmuran dirikita sendiri dengan mengikuti anjuran dan peraturan pemerintah.