Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH PROPOSAL PERMOHONAN IZIN OPERASIONAL, DINIYAH TAKMILIYAH

 



Islam yang dikenal sejak lama bersamaan dengan masa penyiaran Islam di Nusantara. Pengajaran dan pendidikan Islam timbul secara alamiah melalui proses akulturasi yang berjalan secara halus, perlahan sesuai kebutuhan masyarakat sekitar. Pada masa penjajahan hampir semua desa yang penduduknya beragama Islam, terdapat Madrasah Diniah (Diniyah Takmiliah), dengan nama dan bentuk berbeda beda antara satu daerah dengan daerah lainnya, seperti pengajian, surau, mushalla, sekolah agama dan lain lain. Mata pelajaran agama juga berbeda beda yang  pada umumnya meliputi aqidah, akhlak,ibdah,  membaca Al Qur’an dan bahasa Arab (Direktorat PD Pontern, 2007:1)

Namun walaupun demikian keberadaan MDT ini masih terkesan kurang mendapat perhatian khusus baik dari kalangan masyarakat maupun pemerintah. padahal jika melihat perkembangan generasi saat ini sudah semakin memprihatinkan. Oleh sebab itu sudah menjadi suatu keharusan kalau keberadaan madrasah takmiliyah ini mendapat perhatian lebih baik dari masyarakat maupun pemerintah. Maka Sesuai dengan UUD 1945 Pasal 31 ayat 3 setelah mengalami perubahan keempat kalinya yang berbunyi “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang undang. Mencerdaskan kehidupan bangsa memang adalah hal yang  mendasar diadakannya sebuah proses pendidikan, sebab kehidupan bangsa yang cerdaslah yang akan mengantarkan bangsa ini menjadi bangsa yang jaya dalam tapak waktu yang berkesinambungan. Namun tidak dapat kita pungkiri bahwa kecerdasan yang paling tepat dan yang paling dibutuhkan dalam asumsi di atas adalah kecerdasan yang mengarah pada kecerdasan ketakwaan, sebab kecerdasan dengan ketakwaan  inilah yang sangat menentukan baik dan tidaknya suatu bangsa. Karena apabila kecerdasan spiritualitas ini tidak dimiliki oleh penerus bangsa ini sudah dapat dipastikan kelangsungan bangsa ini akan cenderung mengalami kerancuan yang berkesinambungan.

untuk menunjang proses peningkatan kecerdasan spiritualitas tersebut tidak cukup kalau hanya mengacu pada pendidikan formal seperti SD, SMP, MTs, dan sebagainya. Dimana di dalmnya hanya terdapat sedikit waktu untuk berbagi nilai nilai spiritualitas tersebut. Jadi sudah barang tentu menjadi keniscayaan pentingnya pengembangan sistem Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) sebagai alternatif yang dominan untuk melengkapi pelajaran keagamaan dalam lembaga formal tersebut yang terkesan memiliki waktu sedikit dalam proses peningkatan keimanan, katakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa ini

3 MACAM PENGERTIAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH :

  1. MDTA

Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Yaitu : satuan pendidikan keagamaan Islam yang termasuk bukan formal menyelenggarakan pendidikan keagamaan Islam sebagai pelengkap pelajar SD/MI/sederajat maupun anak usia pendidikan setingkat. Jenjang dasar ini ditempuh dalam waktu 4 tahun dan sekurang-kurangnya 16 jam pelajaran setiap minggunya.

  1. MDTW

Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha: Yaitu satuan pendidikan keagamaan Islam yang termasuk bukan formal yang menyelenggarakan pendidikan keagamaan Islam sebagai pelengkap pelajar SMP/MTs/sederajat maupun anak usia pendidikan setingkat. Jenjang dasar ini ditempuh dalam waktu dua tahun dan sekurang-kurangnya 16 jam pelajaran setiap minggunya.

  1. MDTU

Madrasah Diniyah Takmiliyah Ulya: Yaitu satuan pendidikan keagamaan Islam yang termasuk bukan formal yang menyelenggarakan pendidikan keagamaan Islam sebagai pelengkap pelajar SMA/SMK/MA dan yang sederajat) maupun anak usia pendidikan setingkat. Jenjang dasar ini ditempuh dalam waktu dua tahun dan sekurang-kurangnya 16 jam pelajaran setiap minggunya.

PENYESUAIAN PELAKSANAAN DINIYAH TAKMILIYAH DIMASING-MASING WILAYAH.

Setelah diketahui tentang pengertian Madin atau MDT diatas maka diambil kesimpulan bahwa MDT dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu tingkat awwaliyah, tingkat Wustha dan tingkat Ulya dan masing masing diperuntukkan sesuai dengan jenjang bagi Awwaliyah untuk tingkat SD/MI, MDT Wustha untuk SMP/MTs dan Ulya kepada anak SMA/Madrasah Aliyah. Akan tetapi di dalam buku panduan penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah disebutkan bahwa menimbang bahwa beraeka ragam budaya dan bentuk pembelajaran yang berbeda beda antara satu daerah dengan daerah yang lain serta kekhasan pada suatu lokasi maka pendidikan madrasah diniyah takmiliyah ini dilaksakan secara sederhana dan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi serta budaya di suatu wilayah dimana Madrasah Diniyah Takmiliyah ini di selenggarakan. Bisa digabung juga MDT daru awwaliyah, wusta, dan ulya. Diseseuakan dengan kondisi yang ada dimasing masing wilayah.

            Dalam perjalanan pengelolaan lembaga Madin atau Diniyah Takmiliyah melakukan kegiatan belajar mengajar secara lebih baik profesional dan tertata, diperlukan usaha yang gigih dan jihad secara ilmu tenaga waktu maupun harta benda oleh berbagai pihak yang mengelola Madrasah Diniyah Takmiliyah atau MDT. secara administrasi dalam legal formal lembaga, diperlukan pengajuan izin operasional lembaga untuk mendapatkan nomor statistik diniyah takmiliyah. dalam hal ini yang diperlukan dalam rangka mendapatkan legalitas izin operasional dan piagam terdaftar adalah :

  1. mengajukan izin operasional madrasah diniyah takmiliyah.
  2. cara pengajuan dan contoh pengajuan
  3. dan selanjutnya akan mendapatkan izin operasional dan nomor statistik Madrasah diniyah takmiliyah. untuk statistik madin

setelah mendapatkan izin operasional dan piagam terdaftar maka administrasi untuk kelembagaan bisa segera dilengkapi. secara teknis minimum perjalanan penyelenggaraan Madrasah DT disyaratkan mempunyai pengurus sebagai berikut :

  1. 1 Seorang Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah
  2. 2 orang ustadz/guru pengajar di madrasah diniyah takmiliyah
  3. 1 orang tenaga administrasi di madrasah diniyah Takmiliyah

setelah terlengkapi para personal lembaga diniyah takmiliyah selanjutnya diperlukan perlengkapan secara administrasi guna kegiatan yang berkualitas secara KBM maupun secara lulusan. Dalam hal ini sesuai buku pedoman penyelenggaraaan madrasah diniyah takmiliyah terbitan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Jakarta yang menjadi kelengkapan administrasi yaitu :

  1. Buku Kas Umum
  2. Buku Kas Pembantu
  3. Buku Pembelian alat-alat
  4. Buku Inventaris
  5. Buku Kegiatan Pendidikan
  6. Buku Harian Kegiatan Kelas
  7. Buku Agenda Madrasah Diniyah
  8. Buku Laporan Keadaan santri
  9. Buku Laporan Keadaan Guru
  10. Buku Tamu
  11. Daftar Hadir Guru
  12. Buku Induk Santri
  13. Buku Kumpulan santri/legger santri
  14. Daftar pembelian Alat-alat pendidikan Buku Inventaris
  15. Raport
  16. Ijazah

Demikian kelengkapan administrasi Madrasah Diniyah Takmiliyah yang profesional dan lengkap, mungkin sangat susah dilakukan karena kekurangan tenaga maupun dana, akan tetapi semoga sedikit demi sedikit bisa memenuhi kelengkapan administrasi yang diperlukan dalam kelengkapan ini.

 Dibawah ini adalah contoh proposal pengajuan izin operasional diniyah takmiliyah, sesuai dengan himbauan dari kemenag setempat yang menganjurkan untuk membuat proposal yang sesuai dengan aturan yang ada.

Dengan adanya proposal ini semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan berkah bagi kehidupan kita semua. Aminn yaa robbal alamin.

PROPOSAL

PERMOHONAN IZIN OPERASIONAL

 

 

 

 

 

 

 

LOGO DINIYAH

 

 

 

 

 

 

 

MADRSAH DINIYAH TAKMILIYAH

MDT. BUSTANUL AMIN

Dusun Bagek Empat Desa Lepak Timur

Kec. Sakra Timur Kabupaten Lombok timur Prov- NTB 83674

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGURUS MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH   MDT. BUSTANUL AMIN 

BAGEK EMPAT DESA LEPAK TIMUR KEC. SAKRA TIMUR

Alamat : Jln. Pancoran Nuramin Bagek Empat Desa Lepak Timur Sakti Lotim. HP. 0878-5644-0883

 

 


Kepada

Yth.    Kepala Kementrerian Agama

           Kabupaten Lombok Timur

            Cq. PONDOK PESANTREN

             Di-

                         Selong

 

 

SURAT PENGANTAR

N0: 13/MDT _BA/08/2020

 

 

No

 

Jenis yang dikirim

 

Banyaknya

 

Keterangan

 

1

 

Proposal Permohonan Izin Operasional MDT  Bustanul Amin Desa Lepak Timur    Kec. Sakra Timur Kab. Lotim NTB.

 

1 (satu) Gabung

 

Dikirim dengan hormat  untuk segera diberikan izin operasional MDT  dan Terima Kasih

 

Lepak Timur  ,  18  Agustus 2020
Kepala MDT Bustanul Amin

 

 

 

 

 

Lukman QH S.HI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGURUS MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH   MDT. BUSTANUL AMIN 

BAGEK EMPAT DESA LEPAK TIMUR KEC. SAKRA TIMUR

Alamat : Jln. Pancoran Nuramin Bagek Empat Desa Lepak Timur Sakti Lotim. HP. 0878-5644-0883

 


Nomor    : 13/MDT _BA/08/2020                                                               

Lamp.     :1 (Satu) exemplar

Hal          :Permohonan penerbitan ijin Oprasional MDT

 

Kepada

         Yth.  Kepala Kantor Kementrian Agama  

                   Kabupaten Lombok Timur

                  Cq. PEKAPONTREN

                 di-

                          Selong

Assalamu’alaikum  Wr.Wb.

          

Dengan hormat, sehubungan dengan telah di galakkan pendidikan keagamaan pada anak di usia dini maka MDT  (Madrasah Diniyah Takmiliyah )   Bustanul Amin  Desa Lepak Timur  juga turut serta membina   serta mendidik anak - anak dengan terbentuknya MDT  pada tahun 2018 dengan harapan terciptanya SDM yang berilmu,beriman, dan bertaqwa.   sehubungan dengan keadaan lembaga   kami yang masih perlu melengkapi sarana dan prasarana maka kami dari pengurus MDT  Bustanul Amin Desa Lepak Timur  lewat kesempatan ini   mohon Kepada pihak yang berwenang untuk kiranya lembaga kami bisa dibantu dalam hal penerbitan ijin oprasional  demi kelancaran kegiatan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah yang kami bina sekarang ini  supaya administrasinya lengkap sesuai dengan aturan yang berlaku.

        Sebagai bahan pertimbangan bapak bersama ini kami lampirkan :

1.      Susunan Pengurus MDT  Bustanul Amin  

2.      Profil MDT Bustanul Amin

3.      Data Santri /santriwati

4.      Jadwal kegiatan MDT  Bustanul Amin

5.      Data keadaan Guru      

6.    foto kegiatan diniyah takmiliyah                       

              Demikian proposal ini kami Sampaikan, semoga dapat di kabulkan .atas perhatian dan partisipasinya kami sampaikan banyak terima kasih.

 

Wallahul Muwaffiku wal hadi ila sabilirrosyiad

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Kepala MDT Bustanul Amin

 

 

 

 

LUKMAN QH S.HI

 

 

Mengetahui

Kepala Desa Lepak Timur

 

 

 

 

H. SUBHAN AMIN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGURUS MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH   

MDT. BUSTANUL AMIN

BAGEK EMPAT DESA LEPAK TIMUR KEC. SAKRA TIMUR

Alamat : Jln. Pancoran Nuramin Bagek Empat Desa Lepak Timur Sakti Lotim. HP. 0878-5644-0883

 


A. LATAR BELAKANG

 

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekologi dewasa ini, maka timbullah berbagai perubahan dalam segala aspek kehidupan, baik perubahan di bidang pendidikan, ekonomi, sosial budaya, politik dan lain sebagainya. Keadaan seperti ini menantang setiap individu untuk mengadaptasikan diri dengan kemajuan dan perkembangan, sebagai upaya untuk mempertahankan eksistensinya, terutama dalam bidang pendidikan khususnya pendidikan ilmu agama islam, sebagaimana yang di jelaskan dalam UU RI No. 20 tahun 2003 pasal 3 tentang sistem pendidikan nasional, yaitu ; Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk waktak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Agar tercapai tujuan pendidikan tersebut, maka di tuntut kepada semua pihak untuk berperan aktif dalam menjalankan proses pertumbuhan dan perkembangan pendidikan semaksimal mungkin. Oleh karena itulah, kami dari Masyarakat Desa Lepak Timur  Kec. Sakra Timur  Kab. Lombok Timur telah mendirikan Madrasah Diniyah TAKMILIYAH  Bustanul Amin  tujuan pendidikan nasional untuk mencerdaskan dan meciptakan generasi penerus bangsa yang berilmu dan berakhlak mullia serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, oleh karena itulah kami mengajukan permohonan Izin Operasional.

 

B.     TUJUAN

 Adapun tujuan pelaksanaan program Madrasad Diniyah Takmiliyah  MDT Bustanul Amin   adalah sebagai berikut :

1.      Bagi Anak

a.       Untuk membentuk karakter anak yang inovatif, kreatif, dan kompetitif serta beriman taqwa dan berakhlak mulia

b.      Menumbuhkan, memupuk, mendorong dan menyediakan lingkungan yang lebih peduli terhadap pendidikan khususnya ilmu agama

2.      Bagi Orang tua

a.       Tercapainya harapan akan anak sholeh sholehah yang berbakti kepada orang tua, bangsa dan negara

b.      Kesadaran akan pentingnya pendidikan, khususnya ilmu agama

3.      Bagi Pengelola

a.       Kemampuan merencanakan program pembelajaran lebih baik.

b.      Dapat membantu program pemerintah untuk mencerdaskan anak-anak bangsa.

PENGURUS MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH   MDT. BUSTANUL AMIN 

BAGEK EMPAT DESA LEPAK TIMUR KEC. SAKRA TIMUR

Alamat : Jln. Pancoran Nuramin Bagek Empat Desa Lepak Timur Sakti Lotim. HP. 0878-5644-0883

 

 


SUSUNAN PENGURUS

I.  Pembina                  : Bapak Rohanan

II. Kepala                      : Lukan QH SHI

III.Sekretaris               :  M.Abdul Malik Al Wathoni

IV. Bendahara            :  Sapirah

 

V . Seksi-seksi           

 

            1.Seksi Pendidikan     :  Zaoban Ansori QH SH

            2. Seksi Humas            :  Miftahuddin QH S.PdI

            3. Seksi  Sarana           :  Mariani S.PdI

            4. Seksi Keagamaan   :  Rosdiana Permatasari S.Pd

 

 

MDT Bustanul Amin

Kepala,

 

 

 

 

 

Lukman QH S.HI


PENGURUS MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH   BUSTANUL AMIN 

BAGEK EMPAT DESA LEPAK TIMUR KEC. SAKRA TIMUR

Alamat : Jln. Pancoran Nuramin Bagek Empat Desa Lepak Timur Sakti Lotim. HP. 0878-5644-0883

 


STRUKTUR PENGURUS MDT “BUSTANUL AMIN”

 

Penasehat

1.      KEPALA DESA LEPAK TIMUR

2.      KETUA YPP BUSTANUL AMIN

 

 

           

 

 

 

Ketua

 

LUKMAN QH. SHI

 

           

 

 

 

 


           

 

Sekretaris

 

M. ABD. MALIK ALWATHONI

 

 

PENDIDIK

 

SITI AISYAH

PENDIDIK

 

MARIANI

 

PENDIDIK

 

NURMINAH QH

 

 

Bendahara

SAFIRAH

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


PENGURUS MDT BUSTANUL AMIN 

DUSUN BAGEK EMPAT DESA LEPAK TIMUR  KEC. SAKRA TIMUR

 

KETUA

 

 

 

 

LUKMAN QH. SHI

SEKERTARIS

 

 

 

 

M. ABD. MALIK AL WATHONI

Mengetahui :

Kepala Desa Lepak Timur,

 

 

 

 

H. SUBHAN AMIN

 

 

 

 

 

PENGURUS MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH   BUSTANUL AMIN 

BAGEK EMPAT DESA LEPAK TIMUR KEC. SAKRA TIMUR

Alamat : Jln. Pancoran Nuramin Bagek Empat Desa Lepak Timur Sakti Lotim. HP. 0878-5644-0883

 


PROFIL  LEMBAGA

    

            1. Nama Lembaga                           :  MDT   BUSTANUL AMIN

                 2. Alamat Lengkap                     :  Dusun Bagek Empat Desa  Lepak Timur  Kec. Sakra Timur Lombok Timur NTB.

                 3. No. Telp.Lembaga                  :  0878-5644-0883

                 4. Nomor ijin Oprasional            :  -

                 5. Email                                       :  

                 6. Nama  Kepala                         :  Lukman QH SHI

                 7.Tanggal berdiri                        : 31 Agustus 2017

                 8. Akte Notaris                           :         

                 9. NPWP                                             : 

                10. a.Status MDI                                :  Swasta

                     b.Keadaan Gedung                        : Ada 

                11. Jumlah jam pelajaran seminggu       : 14 jam

                12. Waktu Belajar                                : Sore

                18 . Keadaan Guru                                : 9 Orang           

                14. Program yang dilaksanakan        :  Madrasah Diniyah Takmiliyah awwaliyah

                15. Jumlah Siswa                                 :  39  Orang    a. Putra  14  Orang

                                                                                                     b. Putri  25   Orang

                                                                                                          Jumlah  : 43  Orang

               16.   Jumlah Guru                                  : 6  Orang        a. Putra  4    Orang

                                                                                                          b. Putri   3  Orang

 

MDT  Bustanul Amin

Kepala,

 

 

 

Lukman QH HI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGURUS MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH   BUSTANUL AMIN 

BAGEK EMPAT DESA LEPAK TIMUR KEC. SAKRA TIMUR

Alamat : Jln. Pancoran Nuramin Bagek Empat Desa Lepak Timur Sakti Lotim. HP. 0878-5644-0883

 

 

 


DATA SANTRI

MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH

( MDT  )BUSTANUL AMIN

 

JENIS KELAMIN

 

KELAS 1

 

KELAS 2

 

JUMLAH

 

KET

LAKI-LAKI

6

8

14

 

PEREMPUAN

14

15

30

 

JUMLAH

20

23

43

 

         

 

MDT Bustanul Amin

Kepala,

 

 

 

 

 

Lukman QH S.HI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGURUS MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH   BUSTANUL AMIN 

BAGEK EMPAT DESA LEPAK TIMUR KEC. SAKRA TIMUR

Alamat : Jln. Pancoran Nuramin Bagek Empat Desa Lepak Timur Sakti Lotim. HP. 0878-5644-0883

 


PESERTA DIDIK/SASARAN

NO

 

NAMA SANTRI

L/P

UMUR

ALAMAT

KET

1

KUDUS KHAIRUNNISA

P

12

Bagek empat

Ula

2

ALFI KHAIRUL FATTAH

P

12

Bagek empat

Ula

3

RAUHUN JANNAH

P

10

Bagek empat

Ula

4

KAMILA

P

6

Bagek empat

Ula

5

MINHATUL AULIA

P

7

Bagek empat

Ula

6

MAZIATUL LAILI

P

5

Bagek empat

Ula

7

AL WATHONI

L

13

Bagek empat

Ula

8

ABDURRAHIM

L

8

Bagek empat

Ula

9

ANAS ALAYUBI

L

9

Bagek empat

Ula

13

FATAN HADI

L

12

Bagek empat

Ula

11

ABD, ROZAK SAKBANA

L

10

Bagek empat

Ula

12

JUNAIDI

L

6

Bagek empat

Ula

13

MARZUKI

L

12

Bagek empat

Ula

14

HASAN

L

10

Bagek empat

Ula

25

ABD. GAFUR

L

6

Bagek empat

Ula

16

SYAMSUDIN

L

7

Lowing sawak

Ula

17

AZKA ISKANDAR

L

9

Lowing sawak

Ula

18

KAMALUDIN

L

12

Lowing sawak

Ula

19

JAMHURUDDIN

L

10

Lowing sawak

Ula

20

HALIMAH

P

6

Lowing sawak

Ula

21

ASIYAH

P

7

Lowing sawak

Ula

22

KHAIRUNNISA

P

12

Lowing sawak

Ula

22

SALMAN

P

10

Lowing sawak

Ula

24

ZAINUL MAJDI

P

6

Lowing sawak

Ula

25

ZAKARIA

P

12

Lowing sawak

Ula

26

NADIA AULIA

P

10

Bagek empat

Ula

27

KAMARUDIN

L

6

Bagek empat

Ula

28

MUHAMMAD NUH

L

7

Bagek empat

Ula

29

WULANDARI

P

9

Bagek empat

Ula

30

MUSTOFA

L

12

Lowing sawak

Ula

31

ABD AZIM

L

10

Bagek empat

Ula

32

MUHAMMAD HADI

L

6

Bagek empat

Ula

33

JUFRIADI

L

7

Bagek empat

Ula

34

NURLAILI

P

9

Bagek empat

Ula

35

FIRMAN AMRULLAH

L

8

Bagek empat

Ula

36

MUH. AMIRIN

L

8

Bagek empat

Ula

37

LAILATUL ANINI

P

8

Bagek empat

Ula

38

SABARUDDIN

L

8

Bagek empat

Ula

39

QURROTA AINI

P

8

Bagek empat

Ula

40

NURHAYANI

P

8

Bagek empat

Ula

41

MUHAMMAD NUR

L

8

Bagek empat

Ula

42

SAMSUL HADI

L

8

Bagek empat

Ula

43

SITI FITRIA

P

8

Bagek empat

Ula

PENGURUS MDT BUSTANUL AMIN 

DUSUN BAGEK EMPAT DESA LEPAK TIMUR  KEC. SAKRA TIMUR

KETUA

 

 

 

LUKMAN QH. SHI

SEKERTARIS

 

 

 

M. ABD. MALIK AL WATHONI

PENGURUS MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH   BUSTANUL AMIN 

BAGEK EMPAT DESA LEPAK TIMUR KEC. SAKRA TIMUR

Alamat : Jln. Pancoran Nuramin Bagek Empat Desa Lepak Timur Sakti Lotim. HP. 0878-5644-0883

 

 

 


C.    TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN

 

No

Nama

L/P

Pend

Mapel yg diampu

Ket

1

Lukman QH SHI

L

SI

Tilawah Al Qur’an

 

2

Abd. Malik AlWathoni QH

L

S1

Taklim Mutaalim

 

3

Mariani. S.PdI

P

SI

Fiqih

 

5

Siti Aisyah

P

MA

Tahfizh

 

6

M. ABD. MALIK AL WATHONI

L

SI

Ahlaqul Banin

 

7

Abdurrahim QH

L

S1

Bulugul Marom

 

8

Miftahuddin QH S.PdI

L

SI

Tahfiz

 

9

Safirah

P

MA

Hiziban/Albarzanji

 

 

 

D.    LOKASI

 

            Adapun lokasi tempat proses kegiatan belajar mengajar Madrasad Diniyah TAKMILIYAH  Bustanul Amin  di Rumah milik masyarakat/ Rumah Warga  dengan alamat Dusun Bagek Empat Desa Lepak Timur  Kec. Sakra Timur  Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

 

F. JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

     Proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran Madrasad Diniyah TAKMILIYAH  Bustanul Amin  setiap malam hari yakni dari malam senin sampai Ahad  mulai pukul 14.00 – 17.30  Wita.  Dengan Jadwal Belajar Sbb:

 

No

Hari

Jam Ke

MATA PELAJARAN

WAKTU

TENAGA PENDIDIK

1

SENIN

I

II

Taklimul Mutaalim

Nahwu Syaref

14.00 – 15.30

16.00 – 17.30

Lukman QH

M. ABD. MALIK AL WATHONI

2

SELASA

I

II

Ilmu Tajwid

TarikhTasrik

14.00 – 15.30

16.00 – 17.30

Nurminah Hasanah QH

Abd.Malik Al Watoni QH

3

RABU

I

II

Tahfiz Al Quran

Safinatunnaja

14.00 – 15.30

16.00 – 17.30

Tijanurrofika QH

Miftahuddin QH

4

KAMIS

I

II

Bulugul Marom (Hadist)

Ahlaqul Banin

14.00 – 15.30

16.00 – 17.30

Mariani S.PdI

Hizbulloh QH

5

JUMAT

I

II

Hiziban

Al Barzanji

14.00 – 15.30

16.00 – 17.30

Abdurrahim QH

Safirah

6

SABTU

I

II

Qasidah Tradisional

Kaligrafi Arab

14.00 – 15.30

16.00 – 17.30

Tijanurrafika QH

Lukman QH

 

 

 

 

 

G. BIAYA

 

Adapun sumber dana untuk menunjang kegiatan dari Madrasad Diniyah TAKMILIYAH  Bustanul Amin  tersebut berasal dari dana pribadi pngurus baik ATK, pembiayaan administari, honorarium guru dan lain sebagainya yang meskipun hanya sekedar bisa menunjang kegiatan dimaksud agar tetap berjalan yang meskipun dengan sarana prasarana seadanya.

 

H. DAYA DUKUNG

            Kami dari pihak pengelola sudah menyiapkan tempat pembelajaran yakni Rumah Pengurus berukuran 6x8 m yang di bangun di atas tanah seluas 12 are.

 

 

I.       TINDAK LANJUT

 

      Kami dari pihak pengelola merencanakan agar bisa mendirikan bangunan berlokal dan segala bentuk pasilitas pendukung untuk menarik minat masyarakat dan peserta didik serta menciptakan kenyamanan dalam proses kegiatan pembelajaran tersebut.

 

 

J. PENUTUP

 

Program Madrasad Diniyah TAKMILIYAH  Bustanul Amin  didirikan oleh Pengurus dan masyarakat Dusun Bagek Empat Desa Lepak Timur  Kec. Sakra Timur , semoga dapat berkembang dan berhasil sesuai dengan yang diharapkan, pastinya dengan dukungan oleh berbagai pihak yang terkait baik dukungan internal maupun eksternal. Dalam program Madrasad Diniyah TAKMILIYAH  Bustanul Amin  insya allah dapat memberikan harapan yang lebih baik bagi masyarakat berhubung dukungan masyarakat di sekitar sangat antusias.

Untuk itu diharapkan bantuan dari pihak yang berwenang dalam pendidikan, khususnya Madrasad Diniyah TAKMILIYAH  Bustanul Amin  agar dapat berjalan dengan optimal bagi anak – anak yang tidak tertampung dan belum beruntung mengenyam pendidikan seperti anak – anak dari kalangan keluarga mampu.

Semoga proposal ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pihak yang terkait sehingga Madrasad Diniyah TAKMILIYAH  Bustanul Amin  dapat diberikan Izin Operasional Dari Kepala Kantor Kementerian Agama Lombok Timur dan diakui oleh masyarakat, dan Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberkahi usaha kita semua, dan atas bantuannya kami haturkan banyak terima kasih.

 

Lepak Timur,  13 Maret 2020

PENGURUS MDT BUSTANUL AMIN 

DUSUN BAGEK EMPAT DESA LEPAK TIMUR  KEC. SAKRA TIMUR

 

KETUA

 

 

 

 

LUKMAN QH. SHI

SEKERTARIS

 

 

 

 

M. ABD. MALIK AL WATHONI

 

 

 

 

 

 

 

PROFIL MDT BUSTANUL AMIN

 

 

 

Nama  Lembaga

 

Bernaug di Yayasan

: MDT.  Bustanul Amin

 

: YPP Bustanul Amin Bagek Empat

 

 

Nama Ketua Lembaga

: Lukman QH SHI

 

 

Tahun Beridiri / beroperasi

: 31 Agustus 2017

 

Alamat

: jln. Pancoran Nuramin

 

Dusun

: Bagek Empat

 

Desa / Kelurahan

: Lepak Timur

 

Kecamatan

: Sakra Timur

 

Kabupaten

: Lombok Timur

 

Provinsi

: Nusa Tenggara Barat

 

Kode pos

: 83671

 

Telp. / HP

: 0878-5644-0883

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Oo00oO

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

FOTO KEGIATAN

BELAJAR MENGAJAR MDT. BUSTANUL AMIN BAGEK EMPAT

DESA LEPAK TIIMUR . ,  KECAMATAN SAKRA TIMUR

 

 

 


 

 

 

 

Post a Comment for "CONTOH PROPOSAL PERMOHONAN IZIN OPERASIONAL, DINIYAH TAKMILIYAH"