Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KHUTBAH JUM'AT TENTANG KEUTAMAAN SHALAT BERJAMA’AH DAN ANCAMAN BAGI YANG MEREMEHKANNYA


khutbah jum’at
KHUTBAH I

الحمدلله الذی شرع للناس مافیه مصلحتهم فامرهم بکل مافیه نفعهم.ونهاهم عن کل مایضرهم.واشهدان لااله الاالله هواعدل العادلین واصدق القاعلین.واشهدان محمدارسول الله خیرالانبیاا والمرسلین وقدوت العالمین واسوت حسنه للمتقین اللهم صل وسلم وب رک علی سید نا وعظیمنا محمد الذ ی جاا نا با لشر یعه السمحه وعلی اله واصحا به والذ ین اتبعوه حتی بلغواالدرجه العالیه.
اما بعد:معا شرالمسلمین رحمکم الله اتقواالله وتمسکوابالد ین القو یم.واستعدوالیو م لاینفع مال ولابنون الامن اتی الله بقلب سلیم.
saudaraku kaum muslimin yang berbahagia.
marilah kita senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT,dengan melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya terlebih perintah wajib termasud shalat jama’ah dalam menunaikan shalat wajib lima waktu demi untuk memperkokoh ketahanan umat islam,persatuan dan meningkatkan syiar islam dimuka bumi ini.
shalat jama’ah yang merupaka suatu amalan pokok dalam islam,karna dalam sehari saja mencapai hingga lima kali (waktu),sungguh amat diperlukan pengetahuan yang dapat menambah semangat dan kegairahan umat islam dalam melaksanakan shalat jama’ah yaitu mengenai fadlilah shalat berjama’ah dan ancaman Allah bagi orang yang selalu meremehkan shalat berjama’ah.
saudaraku kaum muslimin yang berbahagia.
                        sebagaimana dapat dikemukakan dalam hal ini,bahwa fadlilah shalat jama’ah adalah sangat besar sekali dibandingkan dengan shalat sendirian.sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW:
صلاه الجماعه افضل من صلاه الفذ بسبع وعشر ین درجه.
artinya:
“shalat berjama’ah itu lebih utama dari pada shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat”.
dalam hadits lain Rasulullah SAW bersabda :
من صلی الصلوات الخمس مع الجماعه فله خمسه اشیاا:الاول لایصیبه فقر فی الد نیا و الثا نی یر فع الله تعا لی عنه عذاب القبروالثالث یعطی کتا به بیمینه والرابع یمر علی الصراط کالبرق الخا طف والخا مس یدخله الله تعا لی الجنه بلا حساب ولاعذاب.  
artinya ; barang siapa melakukan shalat lima waktu denga berjama’ah akan memperoleh lima perkara yaitu :
1.      ia tidak akan mengalami kemiskinan di dunia .
2.      dibebaskan oleh Allah dari azab kubur.
3.      menerima catatan amalnya dengan tangan kanan.
4.      akan melalui shiroth dengan secepat kilat menyambar.
5.      akan dimasukkan syurga tanpa hisab dan azab.


Saudaraku kaum muslimin yang dimuliakan allah!!!
         setiap perkara bila besar imbalannya biasanya beresiko tinggi, bila suatu barang  mutunya sangat baik harganya mahal. begitu pula jika rusak kerugiannya juga besar. sama halnya dengan shalat berjama’ah karna pahala dan fadhilahnya sangat besar, maka siapa saja yang meremehkannya resikonya juga sangat besar. Oleh karenanya agar kita berhati-hati dan jangan sampai meremehkan shalat berjama’ah marilah kita renungkan sabda rasulullah saw. tentang ancaman bagi orang yang meremehkan shalat lima waktu dengan cara berjama’ah yang artinya ; Barang sipa meremehkan shalat dengan berjama’ah akan diganjar oleh allah dengan dua belas kesengsaraan : tiga didunia, tiga pada waktu mati, tiga didalam kubur dan tiga dihari kiamat. Adapun tiga didunia:
1.      allah menghilangkan barokah dari pencaharian dan rizqinya
2.      cahaya orang-orang shaleh dicabut darinya
3.      dibenci oleh orang-orang mu’min.
Yang tiga saat mati:
1.      dicabut ruhnya dalam keadaan dahaga, walaupun ia telah minum air sungai
2.      dicabut ruhnya secara keras dan kasar
3.      dikhawatirkan hilangnya iman dari padanya. na’udzubillah.
dan yang tiga kesengsaraan dalam kubur:
1.      dipersukar pertanyaan munkar dan nakir
2.      diperkeras kegelapan dalam kubur
3.      dipersempit halaman kuburnya sehingga terjepit tulang – tulang rusuknya
Sedangkan yang tiga dihari kiamat adalah:
1.      Dipersukar perhitungan hisabnya
2.      mendapat amarah dari tuhannya
3.      mendapat siksa api neraka, na’udzubillah.
Berdasarkan hadits ini, dapatlah dibayangkan betapa berat kesengsaraan yang diderita oleh orang yang meremehkan shalat berjama’ah, rasanya tiada waktu sejenakpun untuk diberi istirahat dari siksa mulai saat hidup didunia, saat menghadapi mati, saat berada dalam kubur hingga sampai hari qiamat. Demikian keterangan dari hadits-hadits Rasulullah saw. yang menjelaskan tentang pahala , fadhilah dan ancaman bagi orang yang meremehkan shalat berjama’ah. untuk itu marilah kita berusaha  sekuat tenaga agar dapat melaksanakan shalat lima waktu dengan cara berjama’ah  sehingga kita terhindar dari kesengsaraan yang disebutkan oleh Rasulullah saw. mudah-mudahan kita semua selalu dalam lindungan allah swt. amin-amin ya robbal ‘alamin!
بارگ الله لی ولکم فی القران العظیم.ونفعنی وایاکم بما فیه من الایات والذ کر الحکیم و تقبل الله منی ومنکم تلاوته انه هوالسمیع العلیم.وقل رب اغفروارحم وانت خیرالراحمین.