Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MERAIH PADILAH JUM’AT MELALUI PENINGKATAN KUALITAS IBADAH JUMAT - NW

 


MERAIH PADILAH  JUM’AT

MELALUI PENINGKATAN KUALITAS IBADAH JUMAT

 

Oleh : Ulul Azmi  QH, M.Pd

الحمد لله الذي جعل الجمعة سيد الايام وخير طلوع الشمس ووقوع القيام  اشهد ان لا اله الا الله هو الملك القدوس السلام  واشهد ان محمدا عبده ورسوله خير الانام اللهم صل وسلم علي سيد الانبياء والرسل الكرام وعلي اله وصحبه الي يوم الدين  اما بعد : فيا ايها المسلمون  اتقوا الله حق تقواه فقد فاز المتقون فقال تعالي يا ايها اللذين امنوا تقوا الله حق تقاته ولا تموتن الا وانتم مسلمون 

 

Maasyiral  muslimin Rahimakumullah

Dalam kesempatan ini, khotib mengajak kita semua untuk meningkatkan iman taqwa kepada Allah swt. dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. Salah satu perintah Allah swt yang sedang kita laksanakan pada hari ini adalah solat juma’at. Hari jum’at adalah hari  mulia. Hari terbaik diterbitkan dan dibenamkan matahari. Hari Allah jadikan peristiwa mulia dan besar didalamnya. Nabi Allah Adam AS mulai diciptakan, ditiupkan ruh, dimasukkan kedalam sorga dan keluarkan dari sorga untuk diturunkan kemuka bumi yang pana ini.

 

Dalam Kitab “Majalisusaniah” disebutkan bahwa hari jumat adalah hari berkumpul/hari pernikahan. Sebab  pernikahan orang- orang mulia yang menjadi utusan dan pilihan Allah swt terjadi pada hari jum’at. Nabi adam as Menikahi Siti Hawa pada hari jum’at. Demikian juga Nabi Yusup as dengan Zulaiha, Nabi Musa as dengan Supaora’ binti Syuaeb as, Nabi Sulaeman as dengan Ratu Bulkais, Rasulullah  saw dengan siti Khadijah dan siti Aisyah serta Ali Bin Abi Thalib ra dengan Patimah binti Rasulullah Saw menikah pada hari jum’at.

 

Jum’at disebut juga sayyidul ayyam atau Raja Hari karena didalamnya terdapat keistimewaan yang tidak ada pada hari-hari lainnya. Pada hari jum’at ada satu waktu, dimana apabila seseorang berdoa bertepatan dengan waktu tersebut maka semua doanya akan dikabulkan oleh Allah Swt. Seperti pada bulan Ramdhan terdapat malam laitul kadar. Apabila bertemu atau berdoa bertepatan dengan malam turunnya lailatul kadar tersebut, maka semua doanya akan dikabulkan Allah swt. Oleh karena itu bulan Ramdhan/puasa disebut Sayyidussyuhur atau Raja bulan.

 

Jama’ah jum’at Hapizani Waiyakumullah

Hari jum’at adalah hari yang diistimewakan Allah swt. Sehingga  seorang muslim  yang meninggal dunia pada hari jumat termasuk orang yang mendapat ampunan dan terbebas dari  siksa kubur sekaligus tanda bahwa orang tersebut mati dalam husnul hotimahk. Hari kiamat pun akan terjadi pada hari jum’at oleh karena itu para ulama’ mewanti-wanti kepada kita semua untuk selalu mengisi hari dan malam jum’at dengan ibadah, zikir,tilawatul qur’an, doa dan wirid serta ibadah lainnya.Tetapi realitanya cukup memprihatinkan masjid atau mushalla sepi,lengang dan cendrung orang untuk menjauhinya. Para orang tua,hanya mengutus anak-anak mereka sedangkan mereka duduk manis dirumah sambil nonton TV. Anak jaman know itu, butuh diajak dan teladan dari orang tua dan orang-orang dewasa yang ada disekitarnya. Tidak cukup dengan instruksi, perintah dan larangan.

 

Dalam Kitab Fiqh Sunnah Hal. 250 disebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda :

سيد الا يام يوم الجمعة واعظمها عند الله تعالي   واعظم عند الله من يوم الفطر ويوم الاضحي وفيه خمس خلال : خلق الله عز وجل فيه ادم عليه السلام , واهبط الله تعالي فيه الي الارض , وفيه توفي الله تعالي ادم , وفيه ساعة لا يسئال العبد فيها شيئا الا اتاه الله تعالي اياه مالم يسئال حراما , ما من ملك مقرب ولا سماء ولا ارض ولا رياح ولا جبال ولابحر هن يشفقن من يوم الجمعة ( رواه احمد وابن ماجه)

Artinya : sayyidul ayyam/raja haridisisi Allah adalah hari jum’at dan paling agung disisi Alloh Swt. lebih agung dari hari raya idul fitri dan hari rayaadha.Padannya ada 5 alasan : Allah mulai menciptakan nabi Adam as, Alloh swt menurunkannya kebumi, Alloh mewafatkannya.Padannya ada satu waktu,dimana tidaklah seorang hamba meminta sesuatu/berdoa kecuali pasti akan dikabulkan  selama tidak meminta suatuyang haram. Tidaklah Para malaikat,langit,bumi,angin,gunung dan lautankecuali takut dengan datangnya hari jum’at.( HR. Imam Ahmad dan Ibnu Majah ra )

 

Hari jum’at disebut juga hari selawat. Sebab pada hari dan malam jum’at Rasulullah sendiri yang menghimbau ummatnya untuk memperbayak hal tersebut. Para ulama’ Fiqih menjelaskan bahwa arti banyak dalam anjuran rasulullah tesebut adalah 70 sampai 100 kali selawat ukuran paling sedikit. Tidak ada batasan maksimal. Lebih banyak lebih baik dan lebih afdal. Balasan Satu kali shalawat yang dibaca kepada Rasulullah, sepuluh shalawat Allah swt. Sholawat Alloh kepada hambanya dapat berupa Rahmat dan magfirlahnya atau bentuk lainnya sesuai yang Alloh kehendaki kepada hambanya yang membacakan sholawat kepada kekasihnya.Rasullullah saw bersabda :

 

من صلي علي صلاة واحدة صلي الله له بها عشرا

Artinya : siapa bershalawat kepadaku satu kali, Allah akan bershalawat kepada 10 kali ( HR.Imam Muslim,abi Daud & imam Nasa’i )

 

Jama’ah Jum’at Rahimakumullah

Hari jum’at adalah hari berkumpul mingguan umat islam untuk beribadah dirumah Allah untuk melaksanakn solat jum’at. Hari jum’at juga sebagai hajji para fakir miskin yang tidak mampu menunaikan ibadah hajji.Oleh karenan itu,wajib kita segera hadir apabila sudah dikumandangakn azan jum’at.Tinggalkan semua jenis pekerjaan aktivitas yang dapat menyebabkan terlambat, melalaikan dan menghalangi pelaksanakan solat jum’at. Bahkan apabila azan sholat jum’at sudah dikumandangkan haram dan berdosa melakukan aktivitas yang dapat mencegah untuk menghadiri sholat jum’at. Hal ini dijelaskan dalam Firman Allah swt :

 

يا أيها الذين آمنوا إذا نودي للصلاة من يوم الجمعة فاسعوا إلى ذكر الله وذروا البيع ذلكم خير لكم إن كنتم تعلمون

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat padahari Jumat maka bersegeralah kalianuntuk mengingat Allahdan tinggalkanlah jual beli itu. Yang demikian itu lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui (QS. Aljumuah : 9)

 

Saudaraku kaum muslimin sidang jum’at yang mulia

Dalam menghadiri sholat jum’at, hendaklah kita perhatian adab dan etika yang sudah dijelaskan oleh Rasulullah dan para ulama. Diantaranya sebelum menghadiri sholat jum’at, disunnatkan untuk mandi jum’at, memakai minyak wangi, memakai kelengkapan solat yang baru, rapi dan dianjurkan pakaian yang berwarna putih. Sunat segera hadir dimasjid supaya dapat menempati shap terdepan. melakukan solat tahiyatul masjid sebelum duduk dan berniat i’tiqab waktu duduk dimasjid. Dalam solat jum’at, sunnat menjadi orang pertama yang datang sehingga dapat menempati shap pertama dan orang terakhir keluar pulang dari Masjid. Rasulullah saw besabda :

 

من اغتسل يوم الجمعة غسل الجنابة ثم راح فكامنا فرب بدنة ومن راح في الساعة الثانية فكئانما قرب بقرة ومن راح في الساعة الثالثة  فكئانما قرب كبشا افرن ومن راح في الساعة الرابعة فكئانما قرب دجاجة ومن راح في الساعة الخامسة فكئانما قرب بيضة فاذا خرج الامام جضرت الملائكة يستمعون الذكر ( متفق عليه عن ابي هريرة)

Artinya : Siapasaja mandi untuk sholat jum’at seperti mandi junub kemudian berangkat  maka pahalanya seperti orang berkurban seekor onta, siapa yang berangkat pada jam kedua maka pahalanya seperti orang berkurban seekor kerbau, siapa yang berangkat pada jam ketiga maka pahalanya seperti orang yang berkurban seekor kibas atau kambing, siapa yang berangkat pada jam keempat maka pahalanya seperti orang berkurban seekor ayam dan siapa yang berangkat pada jam kelima maka pahalanya seperti orang berkurban sebutir telur. Maka apabila imam sudah keluar malaikat masuk untuk ikut mendengar zikir/khutbah jum’at . ( HR. Bukhari dan muslim dari Abi Hurairah ra )

           

 Mengejar padilah dalam hadist ini, Mestinya kita berlomba-lomba untuk menjadi orang yang pertama masuk masjid dan mendapatkan shap yang terdepan. Duduklah dishap terdepan sesuai dengan waktu kehadiran. Jangan biarkan sah terdepan kosong sehingga orang yang belakangan hadir dimasjid, menempati shap terdepan sedangkan kita merasa tenang dengan shap dibelakang padahal lebih awal datang kemasjid. Sholat jum’at itu,bukan sekedar kewajiban mingguan, tetapi jadikan sebagai momen mengejar kebaikan dan kebutuhan yang harus segera dipenuhi. Ingat ! Alloh hanya meminta 1 hari dalam satu minggu untuk meraih urusan akhiratmu dan memberikan 6 hari untuk mengejar kebutuhan duniamu.

 

Maasyiralmuslimin Rahimakumullah

Salah satu penyebab Allah menutup hati seseorang sehingga sulit menerima kebenaran adalah mengabaikan, melalaikan dan meninggalkan solat jum’at. Menganggap jum’at itu tidak penting sehingga datang terlambat menjelang khotib usai berkhotbah dan muazzin mau ikamah. Biasa-biasa saja dalam menghadiri jum’at tanpa memperhatikan adab dan sunnah-sunnah yang dianjurkan sebelum menghadiri sholat jum’at. Raganya hadir dimasjid tetapi hati dan pikirannya jalan kemana-mana yang menyebabkan tidak fakus dan khusu’ dalam melakukan ibadah sholat jum’at. Lebih fatal lagi, kalau sampai tidak hadir sholat jum’at tanpa ada ujur syar’i seperti hujan lebab, sakit parah dan dalam musafir.

لينتهين اقوام عن ودعهم الجمعات او ليختمن الله علي قلوبهم ثم ليكونن من الغافاين

 

Artinya : Hendaklah orang menghentikan untuk meninggalkan beberapa kali sholat jum’at atau alloh akan benar-benar menutup hati-hati mereka kemudian mereka menjadi orang yang lalai (HR. Mam Muslim dari Abdullah bin mas’ud ra : Kitab Riadusholihin hal : 471)

 

Demikian khutbah singkat ini yang dapat khotib sampaikan, semoga ada mamfaatnya dan dapat diamalkan guna meningkatkan kualitas ibadah sholat jum’at yang kita laksanakan. Marilah kita berdoa semoga Alloh selalu memberi taupik, hidayat dan maunah dalam pelaksanaan ibadah jum’at agar Alloh menerima semua ibadah jum’at yang sudah dan akan dilaksanakan disisa hidup kita didunia yang pana ini. Aamin ya mujibassaailin...

 

بارك الله لي ولكم فى الفران العظيم ونفعني واياكم بما فيه من الايات والذكر الحكيم اقول قولى هذا استغفرالله العظيم لي ولكم ولسائر المسلمين والمسلمات   والمؤمنين والمؤمنات فااستغفروه انه هوالغفور الرحيم