Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 7 Ulama' Besar yang Tanda Tangan di Ijazah Maulana SYAIKH..

 

Dokumen sejarah intelektual Nusantara: 

Ijazah ini sepanjang sejarah Madrasah asshaulatiyah berdiri hanya ini Ijazah yang ditulis tangan lansung oleh salah seorang guru besar TGKH M.Zaunuddin AM. Ijazah ini tidak lazim dalam tradisi Madrasah asshaulatiyah sepanjang zaman. Biasanya ijazah shaulatiyah tertulis Si A lulus dalam ujian, menyelesaikan pelajarannya, maka kepadanya diberikan Ijazah Jayyid atau istimewa Dan sebagainya. Justru yang dicantumkan lansung gelar yang melekat pada pemilik Ijazah ini: AL-AKH AL-FADHIL AL-MAHIR AL-KAMIL AL-SYAIKH MUHAMMAD ZAINUDDIN ABDUL MADJID ALANFANANY. saudara yang MULIA, Sang Genius Sempurna, Guru terhormat ZAINUDDIN ABDUL MADJID. Itulah mutiara intelektual Nusantara yang tak tertandingi pada masanya( Ibnu zamananihi) bahkan Sebagian guru besar beliau menyebutnya Sibawaihi zamaanihi. Yang tak tertandingi. Nilai Ijazah ini tidak Ada yang tidak bernilai 10 dalam semua Mata pelajaran bahkan dibumbuhi Tanda Bintang dalam setiap nilainya, sampai yang mengherankan mudir asshaulatiyah saat itu maulanassyaikh Salim Rahmatullah Generasi Ketiga dari (pendiri Madrasah asshaulatiyah Syaikh Muhammad Rahmatullah ibn khalil alrrahman alkiranawy alutsmany Dan Syaikh Muhammad saiid yang merupakan keponakan kandung dari pendiri Madrasah asshaulatiyah) mengungkapkan Cukup satu saja murid Madrasah asshaulatiyah asalkan seperti ZAINUDDIN yang semua jawabannya menggunakan syair termasuk ilmu falak yang sulit sekalipun. 

Berikutnya Ijazah ini ditandatangani oleh 7 atau 8 guru besar Madrasah asshaulatiyah yang tidak lazim dalam Ijazah manapun. Tertanda tangan dalam Ijazah syahadah ma'a addarajah assyaraf alulaa/ atau lebih tinggi dari predicate summacumlaude Selain mudir asshaulatiyah 1.M.Syaikh Salim Rahmatullah. 2.Maulanassyaikh hasan almassyhath (guru utama NAHDHATUL WATHAN) 3.Syaikh Umar Hamdan (Imam ahli hadist) 4.Syaikh abdullah albukhary (mufti stambul) 5.Syaikh Mukhtar Makhdum 6. Syaikh Muhyiddin Shobir 7. SYaikh Daud Arrumany.

Terlihat jaringan keulamaan maulanassyiakh sangat kuat dengan Ulama Ulama dunia. 

Ini penting diketahui oleh Warga Nahdliyyin agar faham bagaimana penghargaan Ulama dunia terhadap pendiri NWDI.NBDI Dan NW. Sehingga kita dapat melanjutkan perjuangan beliau untuk misi yang sama li i'laai kalimatillah wa izzil Islam wal muslimin..

Semoga barokah ilmu guru besar kita tercurah kepada kita semua. Amin.

Described by Dr H Fahrurrozi