Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TERNYATA..IBLIS juga punya kurikulum dalam menggooda maunsia





Sesungguhnya musuh kita iblis memiliki lembaga pendidikan yang besar dan banyak macamnya muridnya bermacam macam salah satunya adalah setan. Jika salah satu dari setan  yang selalu menggoda manusia kesulitan dalam hal menggoda manusia, maka setan akan di ajar langsung oleh iblis dalam lembaganya.
            Adapun mengenai pelajaran pelajaran yang di pelajari oleh setan ialah pelajaran yang amat berbahaya bagi manusia, kurikulumnya juga sesuai dengan zaman kezaman dan tempat untuk menyesatkan manusia
            Dalam artikel ini kami akan membahas pelajaran pelajaran iblis yang akan di ajarkan kepada muridnya yaitu dari golongan setan yang berbentuk dialog
I.     Pelajaran Pertama
Pelajaran pertama yag diterima oleh setan dari iblis ialah tidak boleh putus asa dalam menyesatkan manusia. Dikisahkan dlam satu riwayat. Ketika isa bin maryam lahir, para setan setan mendatangi iblis sambil berkata” berhala berhala itu telah menundukkan kepala mereka” iblis menjawab “ tetaplah kalian ditempat kalian masing masing.”langsung saja iblis terbang dan turun kebumi, ketika iblis sampai dibumi dia melihat isa bin maryam dikelilingi  ( dijaga )oleh beberapa malaikat.
Lalu iblis terbang lagi menemui setan dan memberikan pelajaran pertama “ telah lahir seorang nabi tadi malam. Selama ini tidak ada seorang wanitapun yang hamil dan melahirkan melainkan aku datang melihatnya, kecuali bayi yang baru lahir ini.”
Kemudian semenjak kelahiran nabi isa itu para setan putus asa menggoda supaya berhala berhala disembah oleh manusia. Tetapi keputusan itu tidak berlangsung lama, karena iblis tak henti hentinya memotivasi setan untuk menggoda manusia dengan cara menyuruhnya terburu buru dan kurang hati hati. ( ihya’ ulumuddin, al gazali jilid 3 )
Dalam pelajaran ini kita bisa mengetahui pelajaran yang diberikan setan oleh iblis ialah jangan putus asa dalam menggoda manusia sampai dia terjerumus ke godaan kita. Jika setan gagal menggoda kita atau dia putus asa dalam menggoda kita maka dia memiliki cara lagi yaitu disuruh manusia untuk buru buru dan kurang hati hati dalam segala hal supaya kita terjerumus kelembah kemaksiatan dan dosa.
II.                Pelajaran Kedua
Pelajaran iblis yang diajarkan kepada setan oleh iblis ialah  “ masuklah kalian dari jalan mana saja dan jangan meninggalkan jalan satupun.” Dalam suatu riwayat iblis melihat ada seorang laki laki yang duduk didekat tembok yang hampir roboh, dengan kecepatan kilat iblis menyelamatkannya dan lelaki itupun bergembira ketika dia diselamtkan.
Lelaki itupun bertanya “ siapa anda sebenarnya?” “ saya ibliis ”jawabnya. Lelaki tersebut hampir pingsan karena ditolong oleh iblis. Dia bertanya lagi, “ kenapa engkau menyelamatkanku wahai iblis?” iblis menjawab. “ bagaimana mungkin aku merelakan engkau mati dalam keadaan mati syahid karena kerubuhan tembok itu and akan masuk surg, sungguh aku tidak rela.”
Dakam pelajaran ini kita bisa mengambil pejlajaran bahwa iblis akan menggunakan cara untuk menyesatkan kita bahkan dia akan berusaha untuk menyelamatkan ummat nabi muhammad dari kehancuran agar dia terjerumus kelembah kemaksiatan   
III.             Pelajaran ketiga
Materi  ketiga yang diajarkan iblis kepada setan “ kalian harus menggoda para ‘abid ( orang orang gemar beribadah ). Kalian jangan menyibukkan menggoda orang alim.
Sebagaimana yang dikatakan ibnu abbas : sesungguhnya para setan pernah berkata kepada raja iblis “ wahai tuan guru, kami gembira dengan kematian orang alim, dan tidak dengan kematian seorang abid. Sebab, kami tidak bisa menggoda orang alim, sedangkan orang abid gambang kami goda.”
Semoga dalam pelajaran ini kita bisa memahaminya dan bisa melihat cara cara setan untuk menjerumuskan kita kelembah kemaksiatan.
Semoga kita selamt dari godaan setan.
Amin yaa robbal alamin.